Jan 20, 2020

NASI RAMES JAKARTA, INNS RESTORAN

inns restoran jakarta



#CeritaSiBowgel - Bowgel.com. Tahukah kalian apa Nasi Rames itu ? Nasi Rames adalah nasi dengan campuran beberapa macam lauk dan sayur yang tersaji dalam satu porsi. Singkatnya sih, Nasi Campur. Hehe.. Ceritanya, Minggu lalu Bowgel berkesempatan makan malam nasi rames di Inns restoran, Jakarta Selatan. Seneng banget rasanya. Rasa makanannya benar-benar menggugah selera. Seperti apa nasi ramesnya ? Yuk kita intip !

NASI RAMES JAKARTA, INNS RESTORAN


Ceritanya weekend lalu, Bowgel diajak pergi ke Inns Resto yang terletak di Cilandak KKO, dekat Mal Cilandak. Di tempat ini tuh asyik banget ternyata. Gak cuma makanan yang bisa kita jumpai, tapi juga ada galery kecilnya loh. Tempat ini konsepnya semacam resto dan galeri jadi satu. Sangat unik dan cozy untuk tempat hangout bareng teman maupun keluarga.

KENINO GALERY



resto dan gallery jakarta


Sebelum membahas makanannya, Bowgel mau cerita dulu tentang Galery kecil yang ada di dalamnya. Nama Galerynya adalah Kenino, yang dimiliki oleh Mbak Rosita. Mbak Rosita ini tak cuma pandai melukis di kanvas, tapi juga di medium lainnya. Seperti tekstil, kayu, dll dengan berbagai macam teknik. 

Kalo kalian masuk ke dalam Inns Resto, di bagian sebelah kiri akan di dapati kursi dan meja untuk para tamu yang berkuliner.

Sementara sebelah kanannya, ada pojok khusus di mana karya Mbak Rosita dipajang di sana. Tak cuma karya Mbak Rosita saja yang dipajang, ada juga karya mbak Lani berupa tempat kaleng yang dilukis dengan macam-macam obyek yang menggemaskan. 

Owh iya, kedua pelukis ini sering banget diliput oleh beberapa media cetak maupun digital sebagai sosok inspirasional loh. So kalo kalian ingin berkuliner, sekaligus ingin mengunjungi galerinya, bisa banget datang ke Inns Resto. 

SUASANA RESTO


inns resto


Area Inns Resto itu sangat cozy kalo menurut Bowgel. Pada bagian tempat makannya, juga banyak dipajang lukisan-lukisan yang dekoratif. Areanya cukup terbuka jadi gak bikin pengap. Cocok untuk ngumpul sambil makan. Bisa untuk formal ataupun santuy. Hihihi.. 

Ngomong-ngomong, resto ini buka hampir setiap hari loh. Kecuali libur besar seperti hari raya Idul Fitri , Idul Adha, ataupun Tahun Baru. Jam bukanya 7 pagi hingga jam 7 malam. Jadi datengnya jangan kemaleman ya ? hahaha.. 

NASI RAMES INNS RESTO



menu inns restoran jakarta


Kebetulan, Bowgel kemarin tuh gak nyobain makanan lainnya. Yang dicoba cuma makan Nasi Ramesnya aja. Itupun rasanya juara banget Genks. 

Dalam satu porsi Nasi rames itu terdapat beberapa olahan yang rasanya ajib banget. Ada Ayam bumbu rujak, Ayam bakar, krecek, Gudeg, sambal, lalap ketimun, nasi dan krupuk udang. Lengkap banget ya ? Dan dijamin kenyang ! haha.. 

Soal rasa, dijamin enak banget ! Terutama Ayam bumbu rujaknya tuh. Bumbunya berasa pas. Gurih dan asinnya seimbang, dan dagingnya pun empuk banget. Jadi mudah dimakan. Untuk anak-anakpun rasanya masih aman, gak terlalu pedas. Bagi yang dewasa ingin pedas, ada tambahan sambalnya. Hehehe..

Sejujurnya saya itu agak picky sama yang namanya sayur krecek. Jarang banget saya makan ayam krecek kecuali buatan rumah sendiri. Nah, di Inns Resto ini, Kreceknya bener-bener mantap jiwa. Bumbunya pekat dengan rasa asin, gurih dan manis yang pas dilidah. Kadang trickynya sayur krecek tuh, kalo kemanisan. Kalo yang ini benar-benar pas banget rasanya. 

Ayam bakar kecapnya juga memanjakan lidah loh. Bumbunya itu berasa meresap ke dalam dagingnya. Gak terlalu manis, meski bumbunya terlihat gelap warna kecapnya. 

SNACK


Di Inns Resto, tak hanya menyediakan makanan berat ala-ala nasi rames. Ada juga snack untuk menemani ngobrol sambil nunggu makanan datang. Hihihi.. 

Ada beberapa pilihan snack yang dijual. Ada Sus, risoles dan roti gulung (mungkin masih banyak yang lainnya juga, hehehe.. ). 

Pokoknya tempat ini tuh bisa buat santai dan seius juga. Asyiklah. Kalo tidak salah, kapasitasnya bisa sampai 60 orang loh. Jadi bisa juga tuh buat acara Keluarga (yang melibatkan kurang lebih 50 orang tentu saja.)

Buat kalian yang ingin mengunjunginya, alamat ada di Jalan Raya Cilandak KKO No. 2 , RT 14/8, RAGUNAN, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Area dekat Transmart, sampingnya Pujasera kampung kandang. Biar gampang, saya sertakan Mapnya nieh.





Soal harga relatif sih Genks. Rata-rata dari Rp. 20.000 hingga Rp. 100.000 tergantung menu dan ukuran ayam yang dipesan. Hihihi.. Owh iya, weekend pun tetap buka loh ! So bagi yang ingin menhabiskan waktu bersama keluarga dengan makan-makan, plus menikmati karya-karya unik, datang aja ke Inns Resto. 

Jan 14, 2020

MISTERI TOPENG BARONG BALI

misteri topeng barong bali


#CeritaSiBowgel - Bowgel.com.  MISTERI TOPENG BARONG BALI -  Cerita ini murni dialami oleh Mak Bowgel secara langsung. Meski Mak Bowgel masih sangsi apakah ceritanya saling berkaitan satu sama lainnya. Daripada penasaran mendingan Bowgel ceritain sekarang ya ?

MISTERI TOPENG BARONG BALI


Beberapa cerita yang ada dalam Blog ini, sebenarnya memang pernah dialami Mak Bowgel jauh-jauh hari. Masalahnya dia seringkali lupa kapan waktu tepatnya. Maklum, peristiwa ini terjadi saat Mak Bowgel belum hobi nulis. Hihihi.. Jadi gak fresh from the oven gitu.

Tapi gak masalah kan ya ? Namanya juga cerita, hitung-hitung bisa buat hiburan baca kalo lagi suntuk sama rutinitas. Yekan ?

Misteri kali ini ada hubungannya dengan topeng yang berbentuk Barong Bali. Rada-rada spooky sih. Tapi tenang, gak ada jumpscare di sini. Hihihihi,,


25 DESEMBER




Cerita berawal pada tanggal 25 Desember (tahunnya lupa). Di mana sodara-sodara Mak Bowgel biasanya ngumpul di rumah Tantenya. Kebetulan tantenya tuh suka banget mengoleksi barang-barang unik dan artistik. Seperti guci, topeng-topeng, patung kayu, dll.

Salah satu sodara Mak Bowgel lainnya (tamu laiki-laki), sebut saja namanya Om J. Ia mengomentari salah satu benda yang menurut kami awalnya unik dan artistik. Saat itu dia mengatakan,

Om J, " Iki opo sih ? barang koyok ngene kok disimpen ? (read : ini apa sih ? barang kayak gini kok disimpan ?)". Sambil menunjuk topeng berbentuk barong.

Topeng ini tuh modelnya seperti topeng yang digunakan untuk tarian kuda lumping Genks. Bentuknya barong, yang di kedua sisinya ada kayu yang digunakan untuk pegangan. Sementara bentuk mulut topengnya bisa terbuka dan tertutup apabila pegangan kayunya dimainkan.

Setelah Om J melontarkan pertanyaan itu, Mak Bowgel yang kebetulan ada di dekatnya jadi penasaran. Memangnya ada apa dengan barang tersebut ? Rasanya gak ada yang aneh ataupun membahayakan.

Tapi si Om bersikeras untuk tetap membuang barang tersebut. Alasan si Om J, barang tersebut gak bagus disimpan di rumah.

Mak Bowgel dan tante pemilik rumah saat itu sih, hanya manggut-manggut aja. Tapi belum punya rencana untuk benar-benar membuangnya. Lagipula kan itu barang antik yang bisa dikoleksi. Apanya yang aneh ? yekan ?

BACA JUGA : MISTERI DALAM PANCI

SETELAH 25 DESEMBER


Gara-gara mendengar pertanyaan yang dilontarkan si Om J saat tanggal 25 Desember, Mak Bowgel jadi ngerasa ada yang aneh di area tempat penyimpanan barang tersebut. Dia jadi sering memperhatikan area tempat barang tersebut disimpan.

Memang sih, malam-malam sebelumnya area tersebut sering rame seolah banyak barang yang bergerak alias berisik. Hanya saja saat itu, Mak Bowgel berfikir bahwa itu adalah kerjaan si Den Mas Bagus alias tikus.

Namun setelah mendengar pertanyaan kemarin, rasa penasaran Mak Bowgel malah menjadi-jadi. Apa iya tikus berpesta setiap hari di gudang itu. Etapi, daripada takut, akhirnya pikiran itu dikesampingkan oleh Mak Bowgel.

HARI KAMIS SETELAH TANGGAL 25 DESEMBER



illustrasi dari Cnn Indonesia


Mungkin karena rasa penasaran pula, Si Om J hari kamis setelah tanggal 25 Desember tersebut menelpon ke rumah Si Tante. Kebetulan saat itu, Mak Bowgel tinggal di tempat si Tante. Jadi, dialah yang mengangkat telponnya.

Om J, " Gimana ? Topengnya udah dibuang belum ?"

Mak Bowgel, " belum Om, masih di atas. Kenapa emangnya ?" (sambil kepo, hihihi..)

Om J, " udah buang aja sekarang, ngapain disimpan lama-lama sih ? gak bagus buat di rumah itu !". Lanjut Om J setengah memaksa. 

" Kalo nggak, yang penting topengnya bawa turun dulu aja, jangan taruh di atas. Usahakan taruhnya langsung ke tanah ! Nanti sambil bawa turun, jangan lupa baca Basmalah ya ? Biar besok saya suruh si A buat ngambil topengnya. ", tambah Om J.

Di momen itu, Mak Bowgel udah merasa kalo topeng itu pasti ada sesuatunya. Dia pun gak berani banyak tanya. Langsung naik ke atas, dan mengambil topengnya. Sambil komat kamit baca Alfatihah, dia menaruh Topeng di dekat pintu, pas menyentuh permukaan tanah. Sesuai intruksi Om J.

Gak ada hal janggal setelah itu. Hihihi.. suasananya masih aman tentram. Ngomong-ngomong, kenapa Mak Bowgel yang ngambil topeng itu dari atas, karena yang lainnya agak takut gitu. Sebenarnya Mak Bowgel juga deg-degan, tapi dia yakin gak akan terjadi apa-apa.

"Halah cuma topeng ini !", pikir Mak Bowgel kala itu.

Lagi pula apa yang bisa dilakukan oleh sebuah topeng, yekan ?



Baca Juga : MISTERI TANGISAN MALAM HARI


HARI KAMIS MALAM, MENUJU JUMAT


Seperti biasa, Mak Bowgel tidur sekitar jam 11 an malam. Mak Bowgel ini memang agak unik orangnya. Dia suka banget tidur di ubin keramik. (apa gak takut kena rematik sih ? hadeh !).

Kebetulan tempat PW (Paling Wuenak) Mak Bowgel itu, tidur di antara kursi dan meja. Jadi nyempil gitu genks. Aneh kan ?

Mak Bowgel tuh tidurnya bareng sama sepupunya. Cuma sepupu Mak Bowgel ini tidurnya yang di atas kursi.

Nah, si sepupu ini, kalo tidur seneng banget ngelonin senter ronda. Maklum, dia itu takut banget sama gelap. Jadi kalo dia tidur selalu bawa senter, buat jaga-jaga kalo mendadak mati lampu katanya. hehehe..

Malam semakin larut, Mak Bowgel mulai merasa ada yang aneh. Dia berasa sesak nafas, karena di atas wajahnya, seolah dibekap dengan bantal kursi. Anehnya... Dia pingin banget bangun tapi gak bisa melek.

Kalo kata orang Jawa, Mak Bowgel sedang mengalami "ketindihan". Jadi dia bermimpi tapi seolah nyata. Dalam mimpinya itu, ada orang yang dengan sengaja membekap mukanya pake bantal.

Saat itu, Mak Bowgel berusaha bangun, bahkan dengan cara membenturkan tangannya ke kaki meja yang ada di sampingnya. Tapi dia gak bisa bangun juga. Padahal dia sudah sesak nafas. Dia pun pasrah sambil menenangkan diri. Berharap, tubuhnya bisa bergerak dan bangun.

Beruntung banget, tanpa sadar, senter ronda yang ada di dekat sepupunya jatuh pas di atas perut Mak Bowgel. Akhirnya dia bisa terbangun. Dan bernafas lega. Hadeh ! ada-ada aja nie !

Lantas Mak Bowgel clingak clinguk penasaran, apakah kejadian tadi nyata, atau memang cuma mimpi dan halusinasinya saja. Dia lihat area sekitarnya, semua orang sedang terlelap kok. Dan gak ada kejadian yang janggal.

Yang agak aneh sih sebenarnya, senter ronda tersebut tadinya diletakkan di sisi sebelah kiri dari posisi tidur sepupu. Nyempil di area sandaran kursi, secara logika mustahil banget jatuh.

Sementara Mak Bowgel tidurnya ada di sebelah kanan si sepupu. Jadi agak sedikit mengherankan kalo senter itu pindah tanpa sengaja. hihihi..

Si Emak juga melihat ada bantal kursi yang jatuh pas di atas kepalanya. Tapi saat itu dia berpikir, " mungkin itu tadi karena polah tidur sepupunya aja". Jadi tanpa sengaja, sepupunya menjatuhkan bantal tersebut.


HARI JUMAT PAGI 



Keesokan harinya, Mak Bowgel sengaja gak bercerita apa-apa. Takut orang-orang bakalan panik nanti. hahaha..

Tepat setelah Sholat Jumat, ada sodara lainnya (Si Om A) yang datang untuk mengambil topeng tersebut.

Kebetulan sodara ini tinggalnya di Mess, dia pun membawa topeng tersebut untuk dibuang (gak tau mau dibuang kemana). Sodara yang tinggal di Mess ini kebetulan adalah sepupunya Om J juga. Dan atas instruksi Om J. dia mengasingkan topeng tersebut.

Singkat cerita, kejadian ini sudah lalu berselang. Hingga suatu hari, Mak Bowgel berjumpa lagi sama sodara yang mengungsikan si Topeng, Om A.

Kemudian si sodara ini pun bercerita dan mengeluhkan bahwa "selama topeng itu ada di tempat Messnya, selama itu pula dia terganggu setiap tengah malam".

Dia terganggu suara berisik dan gak pernah nyenyak tidur. Hahahaha.. Sama seperti suara berisik yang dulu dianggap ada tikus tuh. Hihihi..

Alhamdulilah, setelah topeng itu gak ada. Suasana rumah tante tenang banget. Gak ada suara berisik tengah malem lagi.

Yang membuat Mak Bowgel penasaran, apa benar suara berisik itu adalah ulah si topeng ? Who Knows !

Begitulah kisah misteri Topeng barong kali ini. Lucu juga sih kalo diceritain lagi. Nggak nyangka ada aja hal aneh yang terjadi.


KESIMPULAN


Ngomong-ngomong, ketindahan dalam bahasa ilmiah itu dinamakan Sleep Paralysis. Kondisi di mana mimpi seolah menjadi nyata, namun tubuh tak mampu bergerak. Biasanya, hal-hal yang kita rasakan menurut penelitian merupakan halusinasi.

Penyebab terjadinya pun macam-macam. Bisa karena stress, kurang tidur, maupun gangguan tidur lainnya. Cara menanganinya pun sebenarnya kita diharapkan tenang. Tak perlu terburu-buru. Nanti kita akan bangun dengan sendirinya.

Perihal Sleep Paralysis, kalian bisa membaca tentang penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Apakah kejadian tentang topeng dan ketindihan yang dialami Mak Bowgel saling berkaitan ? kalian bisa menyimpulkannya sendiri. Hihihi.. Biar makin menjadi misteri !



SALAM COMEL !