Jun 17, 2020

MEMBUAT BLOG REVIEW BUKU

membuat blog review buku


#CeritaSiBowgel - Bowgel.com. MEMBUAT BLOG REVIEW BUKU. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Blog ini dengan Nieche Review Buku. Maklum selain menulis dan membuat illustrasi saya juga suka membaca buku.

Genrenya macem-macem. Tapi yang paling sering saya baca, pastinya Fantasy. hahaha.. Mengapa saya mengubah Blog ini menjadi blog khusus Review Buku ? Ini dia alasannya !

MEMBUAT BLOG REVIEW BUKU 


Jika diperhatikan Blog ini kan berisi tentang cerita (non fiksi rasa fiksi) yang dinarasikan oleh Bowgel. Kalo diingat-ingat lagi, cerita ini tuh lama-lam semacam cerpen tapi Di Blog, yekan ? Meskipun ada juga postingan yang random. tapi sih intinya tentang cerita. 

Nah, buku pun merupakan bentuk suatu cerita yang ditulis. Biar makin klop dan tidak dianaktirikan seperti di Blog sebelah, akhirnya saya memutuskan untuk membuat kategori khusus di Blog ini. Topiknya cocoklah sama Cerita Si Bowgel. Plus biar Blog ini juga ada isinya. hahaha.. 

KATEGORI


Untuk kategori saya gak akan buat sebanyak dan selengkap GoodReads ya ? Kayaknya cukup dimasukkan ke dalam Fiksi Dan Non Fiksi aja deh. Atau mungkin kalo ke depannya banyak, bisa juga dibuat review Manga atau komik dll. 

Untuk saat ini cukup menggunakan dua kategori dulu aja. Nanti kalo kebanyakan malah bingung sendiri. hahaha.. Apalagi kan saya tipikal orang yang gampang benget berubah-ubah idenya. Kadang pinginnya A tapi mendadak berubah ke plan B. 

Sambil saya lihat bagaimana perkembangan Blog ini ke depan, sementara yang penting rajin  menulis dulu aja. Hehehe.. Ya Gak ? 

STRUKTUR REVIEW BUKU 



struktur review buku di blog
credit : ewafebri (saya sendiri)



Berhubung ini merupakan sebuah Blog maka saya juga harus mempertimbangkan aspek yang dibutuhkan untuk mengembangkannya. Terutama soal SEO, dan tentu saja rasa nyaman pengunjung saat membaca blog ini. 

Oleh karena itu saya membuat rumusan dalam menulis, supaya lebih mudah dibaca dan dimengerti. Maklum saya kalo disuruh menulis bebas tanpa ada templatenya itu hasilnya sangat berantakan sekali. 

Supaya asyik, tentu saya akan memanfaatkan Heading dan subheading. Supaya kita juga memiliki jeda saat membaca tulisannya. Iya gak Genks ? Bagaimana menurut kalian ? 

PENENTUAN STAR REVIEW


Sebagaimana Blog tentang review buku saya juga akan menambahkan bintang sebagai salah satu indikator tentang asyik tidaknya alur cerita menurut saya. 

Kenapa menurut saya ? 

Ya, karena bagus tidaknya itu sesuai selera. Bukan merupakan hasil penilaian mutlak. Kalo menurut saya bagus, belum tentu buat orang lain bagus juga kan ? Tapi paling tidak dalam review nanti,  saya bisa menjelaskan tentang pandangan saya terhadap buku tersebut. 

  • ⭐ : Bintang satu berarti bukunya sulit banget saya nikmati. Hingga saya berakhir untuk tidak melanjutkkannya. Bukan berarti bukunya jelek ya ? tapi mungkin saya yang kurang sreg sama cerita bukunya. 
  • ⭐⭐ : Bintang dua artinya buku ini jauh dari ekpektasiku. Misalnya dari judul bagus, tapi pas bagian cerita bikin sakit kepala.
  • ⭐⭐⭐ : Bintang tiga ini adalah kategori standar. Di mana saya menikmatinya, meski saya tak mendapatkan kesan apapun setelah membaca bukunya. Biasa aja !
  • ⭐⭐⭐⭐: Bintang empat artinya adalah golongan buku yang saya nikmati proses membacanya. Dan bisa mendapatkan kesan mendalam setelah membacanya. Namun, ada beberapa hal yang menurut saya masih sedikit mengganggu. Seperti contohnya format cerita yang bikin pusing kepala, tapi saya suka banget sama isinya. 
  • ⭐⭐⭐⭐⭐ : Bintang lima artinya adalah golongan buku yang bahkan saya rela untuk membacanya kembali (reread), saking sukanya kebangetan. Biasanya juga merupakan buku yang memiliki kesan dan pesan yang bisa saya implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

FAKTOR PENILAIAN


Sebenarnya berdasarkan apa sich saya menentukan Star reviewnya ? Ini dia beberapa hal yang menjadi acuan saya dalam hal membuat review buku : 

  • Gaya bahasa penulisan. Nantinya ini akan menentukan apakah saya lanjut baca samapi habis, atau berhenti di tengah jalan. Bagi saya gaya bahasa kadang bisa mempengaruhi mood membaca. 
  • Proses membaca. Ini berkaitan dengan saat saya membacanya, nyaman atau tidak. Atau rasanya ingin memendam bukunya di bawah bantal ? hihihi...
  • Manfaat atau moral story. Kalo yang ini berhubungan dengan apa yang saya dapatkan saat membaca buku tersebut. Kadang ada beberapa buku yang rasanya " gitu-gitu aja ", ada juga buka yang meninggalkan kesan mendalam. Bahkan bisa dijadikan guidelines hidup. hehehe..
  • Klimak ceritanya. Misalnya setelah membacanya ada kesan yang mendalam banget yang bahkan saya sulit ungkapkan dengan kata-kata. 

KESIMPULAN


Setiap orang tentu memiliki pertimbangan sendiri-sendiri tentang bagaimana menyusun dan membuat Blog untuk review Buku. 

Bagi saya, alasannya cukup sederhana. Supaya tetap produktif plus bisa berbagi hal yang bermanfaat buat teman-teman semuanya. Akan menjadi sebuah kebahagian tersendiri apabila yang saya bagikan dan tuliskan bermanfaat untuk orang lain. 

Semoga isi Blog ini, meski banyak tulisan random bisa menghibur dan membawa kebaikan pada semua orang. Terima kasih sudah membaca.. 

Salam Comel !

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak. Demi kenyamanan bersama jangan menyertakan link hidup, spamming dan komentar SARA. Gunakan URL link untuk dikunjungi balik.