Jun 10, 2020

STOP HOAX ! BERHENTI MEMBAGIKAN KONTEN ORANG LAIN DI SOSIAL MEDIA


berhenti membagikan konten hoax



#CeritaSiBowgel - Bowgel.com. Hoax sudah menjadi "New Normal" tanpa kita sadari ya ? Tombol reshare, repost, ataupun retweet memudahkan kita untuk membagikan konten yang dibuat oleh orang lain (ataupun kita sendiri) pada follower. Akan tetapi, Bowgel mulai membatasi bahkan menghindari aktivitas ini dengan alasan berikut ini.

BERHENTI MEMBAGIKAN KONTEN ORANG LAIN DI SOSIAL MEDIA


Merebaknya berita Hoax, meme foto ataupun foto yang sengaja diedit untuk tujuan tertentu membuat membuat Bowgel jadi harus berhati-hati. Setidaknya, akuh gak mau jadi bagian dari mereka yang membagikan konten tanpa tahu kebenarannya. 

Beberapa fitur tombol memang mudahkan untuk membuat sebuah konten menjadi viral. Ataupun adanya hashtag yang menjadi alat untuk melakukan pergerakan baru. Akan tetapi ini menjadi jebakan batman jika kita tidak tahu benar apa yang sedang terjadi. 

Rasa amarah, rasa kecewa, rasa denial kadang bisa lebih menang dari rasa waras. Terutama jika didukung oleh rasa gegabah dan tidak suka. Padahal belum tentu semua informasi itu terjadi sesuai fakta. 

Hoax belakangan menjadi kenormalan baru (New Normal). Meskipun gak ada hubungannya sama bidang ekonomi. Hihihi.. tapi hal ini juga bisa berdampak pada perekonomian loh. 

Bahkan saking terlihat normalnya, orang sulit membedakan mana yang palsu mana yang asli. Semua terkesan menjadi fakta. Apalagi banyak media pemuja click bait. 

STOP SHARING 


Itulah yang menjadi pertimbangan, kenapa Bowgel jarang sekali membagikan konten orang lain apalagi soal opini. 

Sebuah opini kadang tidak berdasarkan data yang jelas. Apalagi cuma mengandalkan asumsi, yekan ? Belum lagi kalo yang membuat opininya tuh males melengkapi / research data lebih dulu. Alah Biyung !

Bahkan meskipun ada datanya, kita juga harus mencari tahu, apakah data tersebut relevan atau tidak. Ya daripada kita salah membagikan informasi ke orang lain ? Hayoooo... ! Apa gak kita jadi tukang fitnah malahan ! Hadeeh ! 

MEMBAGIKAN KONTEN SENDIRI


Daripada membagikan konten orang lain yang belum jelas kebenarannya, Bowgel lebih suka berbagi artikel pribadi. Alasannya simple, karena Bowgel paham tentang konsekuensinya. Pun tulisannya juga bisa dipertanggungjawabkan karena murni pikiran sendiri. 

Sebel kan kalo kita terlibat masalah hanya karena membagikan informasi dari orang lain. Apalagi tak bisa mempertanggungjawabkannya.. ? Yekan ? 

Meski terkesan ingin berada di zona nyaman, ya gak masalah ! Toh masih banyak hal lain dalam kehidupan Bowgel yang memang perlu dituntaskan. Bukan menambah masalah dari repost tulisan orang lain. Hehehe.. 

SHARING DARI SANG PAKAR


Hal lain lagi yang berani Bowgel bagikan adalah tentang tutorial atau cara step by step yang memang ditulis oleh pakarnya. Paling tidak mereka memang sudah punya pengalaman di bidangnya. Bukan dari sumber berita yang sekarang ini cenderung mendewakan click bait

Beberapa media memang memberikan informasi yang valid, tapi banyak juga media lain yang hobi memplintir berita supaya dibaca dan berakhir dengan membuat drama penyangkalan dalam bentuk berita baru sebagai klarifikasi. Ah Basi Sekali ! 

MEMBACA DARI SITUS RESMI


Untuk mendapatkan informasi valid dan jelas, Bowgel biasanya lebih suka membaca di Press Realese situs resminya. Paling tidak apa yang disampikan gak berbelit-belit seperti drama mendapatkan Click. 

Berita tersebut juga lebih layak untuk di-repost (tanpa harus menambahkan caption drama) karena berasal dari sumber situs resminya. 

Yup.. Bowgel ingin menjadi bagian penyebar informasi yang benar sehingga bisa mengedukasi diri sendiri dan pembaca lainnya dengan baik. Bukan menjadi penyalur berita sampah yang hanya bertujuan untuk membuat huru hara, membangun rasa pesimis dan sulit dipertanggungjawabkan. 

KESIMPULAN


Jika terpaksa atau secara tidak sengaja membaca sebuah informasi yang Bowgel percaya itu Hoax. Biasanya justru gak akuh share. Biarkan budaya kebodohan itu rantainya terputus pada Bowgel saja. 

Jangan sampai Bowgel menjadi bagian dari mereka yang menyebarkan informasi tidak benar / dilebih-lebihkan. 

" Cerdaslah dalam mengelola informasi, bijaklah dalam membagikan informasi. " ~ Bowgel

Dengan begitu hidup kita akan dipenuhi hal-hal yang positif dan bermanfaat. 

Sekian #CeritaSiBowgel kali ini. Salam Comel !


0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak. Demi kenyamanan bersama jangan menyertakan link hidup, spamming dan komentar SARA. Gunakan URL link untuk dikunjungi balik.